Selasa, 18 Agustus 2020

Tumbuhkan Identitas Anak

Assalamualaikum salih saliha

Sehat semua? Alhamdulillah..

Kali ini aku mau bahas identitas anak.

Pernah melihat tidak, adik kakak yang jenis kelaminnya sama, selalu dipakaikan pakaian yang sama, lalu mainan dibelikan yang sama? Pernah melihat? Lalu diberi label biar adil oleh orangtuanya.

Yup aku sering sekali melihatnya. Dan setelah aku belajar ilmu parenting.... ternyata itu namanya bukan adil. Tetapi menyeragamkan. 

Srlama ini aku memiliki dua anak laki-laki alhamdulillah, tidak pernah aku seragamkan. Aku berikan sesuai porsinya. Dan pakaian, tidak pernah aku sama-samakan. Karena ada yang bilang, jangan menyeragamkan, buatlah identitas darinya masing-masing. 

Well.. aku baru merasakannya say... anakku yang pertama lebih condong ke super hero dan kendaraan alat berat seperti becco. Lalu si adik lebih condong ke robot dan mobil (jeep & mobil balap). 

Di sini aku baru tersadar, bahwa inilah yang namanya menciptakan identitas dirinya. Ia memiliki sudut pandang sendiri. Tidak pernah aku seragamkan untuk mainan maupun pakaian. Meski ada yang bilang nanti juga akan bisa memilih sendiri pas gede. 

Tetapi alhamdulillah si kecil yang baru berusia 2 tahun sudah bisa memilih kegemarannya. Dan si kakak sejak usia 3 tahun sudah bisa memilih keinginannya. Misal pakaian berlengan, jika adik masih mau pakaian yang lengan buntung. Atau masalah mainan, si kakak lebih ke olah raga, adik lebih ke dunia montir, sukanya ngoprek. 

Bukan kita yang menyetir anak-anak, namun, dengarkan isi hatinya. Kembangkan kegemarannya, jika memang tak benar ya wajib kita arahkan, tetapi perihal mainan dan pakian biarkan ia memilih. 

Segini dulu ketak ketikku... semoga bermanfaat. Thx... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar